Senin, 08 Maret 2010

Demokrasi di Indonesia

Sistem pemerintahan yang digunakan di Negara Indonesia adalah demokrasi. Demokrasi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari 2 kata yaitu kata demos yang berarti rakyat, dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan, sehingga dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Di Indonesia mengenal pembagian kekuasaan yang disebut dengan trias politica atau lebih dikenal dengan lembaga eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Lembaga eksekutif dijalankan oleh presiden, wakil presiden, dan kabinet. Lembaga yudikatif dijalankan oleh Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, dan Mahkamah Konstitusi, sedangkan lembaga legislatif dijalankan oleh MPR dan DPR.

Demokrasi di Indonesia digambarkan dengan adanya UUD 1945. Indonesia pertama kali melakukan pemilu pada tahun 1956, pada saat itulah pertama kali terpilih presiden yaitu Soekarno dengan cara pemungutan suara secara bebas yang mencerminkan kedemokrasian meskipun masa pemerintahannya singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar