Pada dasarnya e-commerce merupakan bentuk transaksi ekonomi yang dilakukan secara digital atau melalui jaringan elektronik, misalnya anda membeli sepatu atau baju disuatu tempat dengan menggunakan kartu kredit, atau membeli suatu barang secara online melalui internet.
E-commerce sangat bekaitan dengan sistem informasi manajemen, karena e-commerce membutuhkan aspek-aspek yang terdapat dalam SIM.
A. STATEGI PERDAGANGAN
Strategi yang paling penting adalah strategi yang elemen-elemennya berkaitan dengan transmisi data elektronik, antara lain :
1. Sistem Antar-Organisasi ( Interorganizational system-IOS ) : suatu kombinasi perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal, yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Manfaat IOS :
- Efisiensi komparatif ( internal & antar organisasi )
- Kekuatan tawar menawar ( keistimewaan produk yang unik, penurunan biaya pencarian, & peningkatan biaya peralihan. )
2. Pertukaran data elektronik ( Electronic Data Interchange-EDI ) : transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer antara beberapa perusahaan. Transmisi yang terjadi memungkinkan data diteransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.
B. MANFAAT E-COMMERCE
Ada 3 manfaat utama yang akan didapatkan jika suatu perusahaan menggunakan e-commerce, yaitu :
1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik,
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik,
3. pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
C. KENDALA E-COMMERCE
Meskipun e-commerce telah banyak digunakan, akan tetapi masih banyak terdapat kendala-kendala. Kendala-kendala tersebut antara lain adalah :
1. Tidak semua perusahaan menggunakan e-commerce,
2. Biaya e-commerce yang tergolong tinggi,
3. Masalah keamanan,
4. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar